Minggu, 01 Januari 2012

PDF Creator

Beberapa gambaran fungsi secara umum dari PDF Creator:
  1. Membuat berkas PDF dari semua program dengan menggunakan printer windows. Ketika program ini sudah terinstal dalam windows maka setiap dokumen yang anda buat dalam word prosesor dapat anda cetak menjadi dikumen dengan jenis PDF, tinggal Print > Pilih printernya PDFCreator dan Print/Ok, maka jadilah dokumen yang anda buat menjadi berekstensi PDF.
  2. Dokumen yang dibuat dapat menggunakan format sebagai berikut : Portable Document Format (PDF), Postscript (PS), Encapsulated Postscript (EPS), PNG, JPEG, BMP, PCX, and TIFF.
  3. Menggabungkan beberapa (multiple) dokumen dalam satu berkas PDF.   tambahPenggabungan dokumen biasanya dikalangan akademisi digunakan dalam pembuatan laporan baik penelitian maupun eksperimen. Misalkan kita telah membuat dokumen untuk kover, daftar isi, isi laporan dan lampiran yang masing-masing telah dijadikan dokumen dengan jenis PDF ataupun masih dalam format doc untuk Office 2003 ke bawah, docx untuk Office 2007 maupun odt untuk Open Office maka keempat dokumen tersebut dapat digabungkan menjadi satu berkas dokumen yaitu dokumen laporan dengan jenis dari PDF. Dengan menggunakan aplikasi ini maka anda dapat melakukan beberapa hal berikut : Buka PDFCreator > Masukkan keempat dokumen tersebut satu persatu (defaultnya diperlukan ekstensi *.ps-postscript, tetapi dapat anda ganti dengan *.* atau semua berkas) > blok keempat berkas tersebut > Dokumen-Gabung (Ctrl+C) > Kemudian ikuti petunjuknya sampai didapatkan berkas dokumen gabungan dengan format PDF.
  4. Proteksi berkas dengan password dan menerapkan lebih dari 128 bit enkripsi dalam berkas PDF. Untuk memproteksi berkas dokumen yang kita buat maka dapat diatur pada Printer > Pengesetan (Ctrl+O)> Format > Keamanan > Centang gunakan keamanan > Dapat dipilih beberapa tingkat keamanan termasuk enkripsi, password dan ijin pengguna (user) dokumen dapat diatur > Simpan dan Cetak lagi berkas dokumen yang ingin anda lindungi.
  5. Menyimpan berkas PDF secara automatis dengan seting terakhir tanpa ditambahi informasi tambahan.


 Langsung aja silahkan download di sini